Asal Usul Keluarga Ra Kartini
Perjuangan R.A. Kartini untuk Perempuan dan Pendidikan
Kartini dikenal dengan surat-suratnya dengan sejumlah orang di Belanda. Sejumlah surat di antaranya mengungkapkan bagaimana Kartini ingin memperluas pengetahuannya tentang berbagai pemikiran. Salah satu suratnya diterjemahkan Armijn Pane dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang:
"Kami, gadis-gadis masih terantai kepada adat istiadat lama, hanya sedikitlah memperoleh bahagia dari kemajian pengajaran itu. Kami anak perempuan pergi belajar ke sekolah, keluar rumah tiap-tiap hari, demikian itu saja sudah dikatakan amat melanggar adat." (Surat kepada Nona Zeehandelaar, Jepara, 25 Mei 1899)
"Saya tiada tahu berbahasa Prancis, Inggris, dan Jerman, sayang! --Adat sekali-kali tiada mengizinkan kami anak gadis tahu berbahasa asing banyak-banyak--kami tahu berbahasa Belanda saja, sudah melampaui garis namanya. Dengan seluruh jiwa saya, saya ingin pandai berbahasa yang lain-lain itu, bukan karena ingin akan pandai bercakap-cakap dalam bahasa itu, melainkan supaya dapat membaca buah pikiran penulis-penulis bangsa asing itu." (Surat kepada Nona Zeehandelaar, Jepara, 25 Mei 1899)
Surat-surat Kartini kelak diterjemahkan dalam berbagai bahasa untuk pembaca di Eropa, Asia, hingga Amerika lewat buku kumpulan surat Kartini oleh J.H. Abendanon, Door Duisternis tot Licht.
Gagasan Kartini untuk membangkitkan pengetahuan dan pendidikan perempuan juga ia terapkan sehari-hari. Ia mempelajari dan memahami pemikiran emansipasi yang berkembang di negara-negara lain. Berangkat dari pengetahuannya, ia kelak bercita-cita mendirikan sekolah bagi perempuan dan menjadi guru.
Upaya Kartini Melanjutkan Pendidikan
Kartini pernah berupaya mencari beasiswa dengan mengirim surat pada sahabatnya Nyonya Ovink Soer. Peluang mendapatkan pendidikan sedikit terbuka saat pemerintah Belanda mengumumkan politik kolonial baru pada September 1901.
Kelak Ratu Wilhelmina dalam sidang parlemen memproklamasikan politik etis yang mengharuskan pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat jajahan di Hindia Belanda. Gagasan emansipasi dan cita-cita Kartini untuk maju dengan pendidikan mulai jadi perhatian pemerintah Hindia Belanda.
Pada 8 Agustus, Direktur Departemen Pendidikan, Kerajinan, dan Agama J.H. Abendanon mengunjungi Jepara. Ia menyampaikan, ada rencana pendirian sekolah asrama atau kostchool untuk gadis bangsawan. Kartini mendukung rencana ini dengan harapan perempuan menyadari hak mereka selama ini terampas.
Abendanon terkesan dengan penjelasan Kartini yang menyarankan pembukaan pendidikan kejuruan agar perempuan terampil dan mandiri, tidak bergantung kepada laki-laki. Tetapi, sebagian besar bupati menolak surat edaran Abendanon tentang kostschool dengan alasan aturan adat bangsawan tidak mengizinkan anak perempuan dididik di luar.
Kelak saat diundang ke Batavia oleh Abendanon, Kartini ditawari Direktur HBS Batavia Nona Van Loon untuk melanjutkan studi di sekolahnya. Saat itu, ayah Kartini juga mengizinkannya untuk melanjutkan studi menjadi guru.
Kendati pendirian kotschol terhambat, keinginan Kartini atas pendidikan demi menyamakan derajat laki-laki dan perempuan sampai di telinga anggota parlemen Belanda, Van Kol. Ia lalu menawari Kartini untuk sekolah di Belanda bersama adiknya Roekmini dengan biaya pemerintah.
Tetapi atas bujukan dan tekanan orang bumiputra dan keluarga Abendanon, ia urung ke Belanda.
TRIBUNTRENDS.COM - Ustaz Koh Dennis membeberkan asal usul keluarganya, ternyata sudah muslim sejak lahir.
Sempat dikira mualaf, Ustaz Koh Dennis ternyata memang sudah memeluk Islam sejak lahir.
Akan tetapi ia mengakui dulu hidup jauh dari ajaran agama Islam.
Koh Dennis bercerita jika yang mualaf bukanlah dirinya, namun sang ayah.
Hal itu diceritakan Koh Dennis kepada Denny Sumargo ketika bintang tamu di kanal YouTube pada Sabtu 4 Februari 2023.
"Papamu dulu mualaf ya?" tanya Denny Sumargo.
Baca juga: Siapa Istri Koh Dennis Lim? Sosok Yunda Faisyah Ikut Viral, Kisah Taaruf dengan Suami Jadi Sorotan
"Iya bokap mualaf," jawab Dennis.
"Lu nya mualaf juga?" Denny meyakinkan.
"Yang mualaf bokap ikut ibu, nikah," jelas Dennis.
Dennis pun melanjutkan ceritanya.
"Jadi secara lahir mah sudah Islam, walaupun masuk Islamnya karena nikah aja."
"Belum jalani syariat, belum salat, walaupun nyokap udah salat, berusaha ngajarin juga."
"Udah gitu tinggal sama nenek lagi yang Buddha," ungkapnya.
Dennis pernah bersekolah di sekolah Katolik.
Kartini lahir pada 21 April 1879 di Mayong, sebuah kota kecil yang masuk dalam wilayah Karesidenan Jepara. Pejuang emansipasi wanita ini lahir dalam lingkungan keluarga priyayi dan bangsawan, karena itu ia berhak menambahkan gelar Raden Ajeng (RA) di depan namanya.
Kartini lahir dari pasangan Raden Mas (RM) Sosroningrat dan Mas Ajeng Ngasirah. Ayahnya, RM Sosroningrat, merupakan anak dari Pangeran Ario (PA) Tjondronegoro IV. Dilihat dari silsilah keluarga, masih keturunan dari Prabu Brawijaya Raja Majapahit terakhir.
Sementara sang Ibu, Mas Ajeng Ngasirah merupakan anak dari pasangan Kyai Haji Modirono dan Nyai Haji Siti Aminah. Mas Ajeng Ngasirah merupakan perempuan desa yang memiliki kedudukan terhormat di tengah masyarakat karena bapaknya merupakan ulama di Desa Teluk Awur, Jepara.
Ayah dan Ibu Kartini menikah pada tahun 1872. Namun, sang Ayah menikah lagi dengan Raden Ajeng Woerjan atau Moerjam, puteri Bupati Jepara pada 1875.
Meskipun Ibu dari RA Kartini merupakan istri pertama, namun bukanlah istri utama. Kedudukan Raden Ajeng Woerjan sebagai keluarga bangsawan menjadikannya sebagai isteri utama RM Sosroningrat yang disebut dengan garwa padmi atau raden ayu. Tugasnya mendampingi suami pada saat upacara-upacara resmi.
Kartini merupakan anak ke 5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri. Namun ia merupakan anak perempuan tertua dari semua saudara sekandungnya.[1]
Setelah dewasa, Kartini dipersunting oleh Bupati Rembang Raden Adipati Djojo Adiningrat pada 8 November 1903. RA Kartini tutup usia pada 17 September 1903. RA Kartini wafat di usia yang masih sangat muda, 25 tahun.
Sosok Kartini lahir dengan kondisi yang sehat. Ia memiliki rambut hitam dan tebal. Matanya bundar, seperti bayi Jawa pada umumnya.
Pertumbuhan fisik dan motorik Kartini berjalan lebih cepat dibanding anak-anak lain seusianya. Di usia 8 bulan, Kartini sudah mampu untuk berjalan sendiri.
Tak hanya pertumbuhan fisik, tingkat kecerdasan dalam berpikir Kartini juga berkembang pesat. Hal ini ditunjukan dengan sifat selalu ingin tahu. Kartini kecil pun dikenal sebagai anak lincah yang sangat aktif bergerak.
RA Kartini bersama dua saudaranya, RA Roekmini dan RA Kardinah dibesarkan dalam lingkungan kabupaten yang serba berkecukupan. Karena itu mereka tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.
Pada 1885 Kartini dimasukan ke sekolah dasar Eropa atau Europeesche Lagere School (ELS). Padahal, kala itu kaum bangsawan melarang keras puteri-puterinya keluar rumah, apalagi datang ke sekolah setiap hari belajar bersama anak laki-laki.
ELS sendiri merupakan sekolah khusus yang diperuntukkan bagi anak-anak Bangsa Eropa dan Belanda Indo. Anak pribumi yang diizinkan mengikuti pendidikan di sekolah tersebut hanyalah anak dari pejabat tinggi pemerintah.
Kartini cukup populer di sekolahnya. Hal ini lantaran sifatnya yang luwes, periang, dan pandai.
Bahkan keberadaan Kartini di ELS cukup menarik perhatian banyak orang Eropa. Pasalnya ia menjadi siswa pribumi yang mampu berbahasa Belanda dengan baik.
Kemampuan tersebut tentunya tidak didapat secara instan. Kartini latihan bahasa Belanda dengan cara rajin membaca buku dan koran berbahasa Belanda, serta mempraktekkan bahasa Belanda pada saat bermain dan menemui tamu-tamu bangsa Belanda yang datang di kabupaten.
Tak hanya itu, hari-hari Kartini juga dipenuhi dengan belajar membaca Al-Qur’an, belajar bahasa Jawa, berlatih menyulam dan menjahit. Orang tua Kartini berusaha memberikan pendidikan yang seimbang antara otak dan akhlak, sehingga dihasilkan anak-anak berkualitas yang berwatak baik dan berperikemanusiaan.
Awal 1892 Kartini dinyatakan lulus dari ELS dengan nilai yang cukup baik. Ia pun sangat berharap sang ayah yang berpikiran maju akan mengizinkannya untuk melanjutkan pendidikan di HBS Semarang. Kartini berlutut di hadapan Bupati RM Sosroningrat untuk memperoleh izin. Sayangnya, jawaban “Tidak” yang cukup tegas harus diterima Kartini.
Jawaban menyakitkan dan mengecewakan itu menjadi awal mula “penjara” dan “perjuangan” Kartini.[1]
Kartini menjalani pengitan dengan berdiam diri di rumah. Ia dipaksa belajar menjadi puteri bangsawan sejati yang selalu diam seperti boneka. Dibiasakan untuk berbicara dengan suara halus dan lirih, serta masih banyak lagi aturan-aturan adat yang harus dipatuhi olehnya.[1]
Meskipun berada di rumah, RA Kartini aktif dalam melakukan korespondensi atau surat-menyurat dengan temannya yang berada di Belanda. Sebab, ia juga fasih dalam berbahasa Belanda. Dari sinilah Kartini mulai tertarik dengan pola pikir perempuan Eropa, hingga kemudian ia mulai berpikir untuk berusaha memajukan perempuan pribumi.
Hal ini lantaran dalam pikirannya, kedudukan wanita pribumi masih tertinggal jauh atau memiliki status sosial yang cukup rendah kala itu.
Di usianya yang ke 20, Kartini banyak membaca surat kabar atau majalah-majalah kebudayaan Eropa yang menjadi langganannya yang berbahasa Belanda. Adapun buku-buku yang menjadi bacaannya adalah buku karya Louis Couperus yang berjudul De Stille Kracht, karya Van Eeden, Augusta de Witt serta berbagai roman-roman beraliran feminis yang kesemuanya berbahasa Belanda. Selain itu ia juga membaca buku karya Multatuli yang berjudul Max Havelaar dan Surat-Surat Cinta.
Ketertarikannya membaca kemudian membuat ia memiliki pengetahuan yang cukup luas tentang ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Khususnya, yang menjadi perhatian Kartini adalah masalah emansipasi wanita, dengan melihat perbandingan antara wanita Eropa dan wanita pribumi kala itu.
Selain itu, Kartini juga menaruh perhatian pada masalah sosial. Di mana menurutnya wanita perlu memperoleh persamaan kebebasan, otonomi, serta kesetaraan hukum.
Pikiran-pikiran dan keluhan atas kondisi wanita pribumi ini disampaikan Kartini kepada teman wanita Belanda nya yakni Rosa Abendanon dan Estelle “Stella” Zeehandelaar. Kedua temannya tersebut juga mendukung pemikiran-pemikiran yang diungkapkan Kartini.[2]
Pertengahan Juli 1903 datang utusan Bupati Rembang Raden Adipati Djojo Adiningrat membawa surat lamaran untuk Kartini. Bupati Sosroningrat sangat bahagia menerima surat lamaran tersebut karena ada bangsawan dengan kedudukan tinggi melamar Kartini. Kendati demikian, Bupati Sosroningrat tetap menyerahkan keputusannya kepada anaknya.
Bupati Sosroningrat pun dengan hati-hati menyampaikan surat lamaran tersebut agar jangan sampai menyinggung perasaan sang anak. Kartini diberikan waktu untuk berpikir secara jernih, apakah mau menerima atau menolak lamaran tersebut.
Sembari memberi waktu pada Kartini untuk membuat keputusan, Bupati Sosroningrat menyampaikan sejumlah pertimbangan-pertimbangan kepada Kartini. Salah satunya, diungkapkan bahwa calon suaminya tersebut adalah bupati yang sudah berpikiran maju.
Kartini mohon izin kepada ayahnya diberikan waktu 3 hari untuk memikirkan jawaban dari surat lamaran tersebut. Kartini lantas mulai berpikir menghitung keuntungan dan kerugian jika menerima atau menolak lamaran tersebut.
Ia ingin memenuhi keinginan untuk membahagiakan orang tua dan membahagiakan dirinya. Dua hal tersebut menjadi alat untuk menimbang keputusan yang akan diambilnya. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, ia pun memutuskan menerima lamaran Raden Adipati Djojo Adiningrat dengan sejumlah syarat. Adapun syarat tersebut yakni:
Syarat tersebut pun disetujui. Pernikahan Kartini semula direncanakan pada 12 November 1903, namun atas permintaan Bupati Rembang dimajukan menjadi 8 November 1903.
Pernikahan tersebut dilaksanakan di Jepara dengan cara yang sederhana dan dihadiri oleh saudara-saudara dekat kedua mempelai.
Pernikahan tersebut dilaksanakan dengan mencerminkan pemikiran kesetaraan dari Kartini. Pasalnya dalam prosesi pernikahannya, tidak disertai upacara mencium kaki mempelai laki-laki oleh mempelai perempuan sesuai dengan permintaan Kartini.
Selain itu, mempelai laki-laki mengenakan pakaian dinas, sementara Kartini memakai pakaian seperti keseharian biasa.
Tiga hari setelah pernikahan, Kartini pindah ke Rebang. Ia menjalani aktivitas sebagai istri dan menjalankan sebuah sekolah wanita yang didirikannya.
Namun, kondisi fisik Kartini mulai menurun saat mengandung anak pertamanya. Tanggal 7 September 1903 Kartini sempat menulis surat kepada Nyonya Abendanon yang sudah mengirimkan hadiah untuk bayinya nanti.
Kartini menceritakan kondisi kehamilannya, yang menurutnya tidak akan lama segera lahir seorang anak darinya.[1]
Tanggal 13 September 1903 Kartini melahirkan seorang anak laki-laki dengan selamat bernama Soesalit Djojoadhiningrat.[2] Setelah melahirkan kondisi Kartini nampak sehat dan berseri-seri, karena itu dokter yang membantu persalinan kembali ke kotanya.
Tanpa sebab yang jelas kondisi tubuh Kartini melemah, dokter tidak bisa mengembalikan kesehatan tubuhnya. Pada 17 September 1903 akhirnya Kartini wafat dalam usia yang masih sangat muda 25 tahun.[1]
Setelah Kartini wafat, Mr. JH Abendanon mengumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan RA Kartini pada teman-temannya di Eropa. Abendanon saat itu menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda.
Buku itu diberi judul ‘Door Duisternis tot Licht’ yang arti harfiahnya “Dari Kegelapan Menuju Cahaya”.
Buku kumpulan surat Kartini ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1911. Kemudian dicetak sebanyak lima kali, dan pada cetakan terakhir terdapat tambahan surat Kartini.
Pada tahun 1922, Balai Pustaka menerbitkannya dalam bahasa Melayu dengan judul yang diterjemahkan menjadi ‘Habis Gelap Terbitlah Terang: Boeah Pikiran’, yang merupakan terjemahan oleh Empat Saudara.
Kemudian tahun 1938, keluarlah ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ versi Armijn Pane seorang sastrawan Pujangga Baru. Armijn membagi buku menjadi lima bab pembahasan untuk menunjukkan perubahan cara berpikir Kartini sepanjang waktu korespondensinya. Versi ini sempat dicetak sebanyak sebelas kali.
Surat-surat Kartini dalam bahasa Inggris juga pernah diterjemahkan oleh Agnes L Symmers. Selain itu, surat-surat Kartini juga pernah diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa Jawa dan Sunda.
Terbitnya surat-surat Kartini, seorang perempuan pribumi, sangat menarik perhatian masyarakat Belanda, dan pemikiran-pemikiran Kartini mulai mengubah pandangan masyarakat Belanda terhadap perempuan pribumi di Jawa. Pemikiran-pemikiran Kartini yang tertuang dalam surat-suratnya juga menjadi inspirasi bagi tokoh-tokoh kebangkitan nasional Indonesia, antara lain WR Soepratman yang menciptakan lagu berjudul ‘Ibu Kita Kartini’.[3]
Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April. Hari besar nasional ini kerap menjadi momentum bagi siswa di sekolah maupun lingkungan rumah untuk mengenal kembali sejarah singkat dan perjuangan RA Kartini.
Raden Ajeng (R.A.) Kartini dikenal dengan surat-surat kirimannya tentang emansipasi perempuan dan semangat maju dengan pendidikan. Berikut kisahnya.
Sejarah Singkat RA Kartini
Kartini lahir pada 21 April 1879 atau 28 Rabiul Akhir tahun Jawa 1808 di Mayong afdeling Japara (kini Jepara). RA Kartini berasal dari keluarga priyayi atau bangsawan Jawa di Jepara. Ayahnya, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat adalah bupati di sana.
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
RA Kartini masuk sekolah dasar eropa atau Europesche Lagere School (ELS) pada 1885. Anak pribumi yang diizinkan mengikuti pendidikan bersama anak-anak bangsa Eropa dan Belanda-Indo di ELS hanya anak pejabat tinggi pemerintah.
Meskipun dari kalangan bangsawan, anak perempuan masuk sekolah dan keluar rumah merupakan langkah yang bertentangan dengan tradisi saat itu, seperti dikutip dari Pendidikan Feminis R.A. Kartini oleh Irma Nailul Muna.
Sekolah di ELS, Kartini belajar dengan bahasa Belanda sebagai bahasa pengantar. Kemampuan bahasanya makin kuat karena rajin membaca buku dan koran berbahasa Belanda. Kartini juga belajar bercakap dengan bahasa Belanda sambil bermain dan menerima tamu bangsa Belanda yang datang ke Jepara.
Siswa pribumi di ELS sering mendapatkan perlakuan diskriminatif seperti pandangan rendah dari sesama siswa dan guru dari Belanda. Perlakuan tersebut memacu semangatnya terus berprestasi agar bisa mengalahkan siswa lain.
Meskipun mendapat perlakuan diskriminatif dari siswa dan guru dari Belanda, Kartini justru semangat memperoleh pengetahuan lebih banyak dan berprestasi. Dikutip dari buku Sisi Lain Kartini, ia menceritakan dirinya tengah belajar pemikiran pejuang wanita dari India Pundita Ramambai pada temannya, Nyonya Nelly Van Kol.
"Tentang putri Hindia yang gagah berani ini telah banyak kami dengar. Saya masih bersekolah, ketika pertama kali mendengar tentang perempuan yang berani itu. Aduhai? Saya masih ingat betul: saya masih sangat muda, anak berumur 10 atau 11 tahun, ketika dengan semangat menyala-nyala saya membaca dia di surat kabar. Saya gemetar karena gembira: jadi bukan hanya untuk perempuan berkulit putih saja ada kemungkinan untuk merebut kehidupan bebas bagi dirinya! Perempuan Hindia berkulit hitam, jika bisa membebaskan, memerdekakan diri."
Namun setelah lulus ELS, Kartini dilarang ayahnya melanjutkan pendidikan di HBS Semarang. Saat itu, tradisi bangsawan mewajibkan anak usia 12 tahun yang sudah dianggap dewasa untuk dipingit. Saat dipingit, anak perempuan tidak boleh keluar rumah, termasuk ke sekolah, karena harus menyiapkan diri untuk menikah dan menjadi ibu rumah tangga.
Karena itu, Kartini juga tidak mendapat izin untuk lanjut sekolah di Belanda seperti tawaran orangtua Letsy, temannya. Ia lalu dipaksa belajar aturan putri bangsawan, seperti berbicara dengan suara halus dan lirih, berjalan setapak dan menundukkan kepala jika anggota keluarga yang lebih tua lewat.
Kartini yang dipingit mengesampingkan kekecewaannya tidak lanjut sekolah dengan membaca dan mencatat. Sejumlah catatannya termasuk pandangan hidup yang bisa dicontoh, jiwa dan pemikiran besar, dan perilaku yang baik.
Ia juga berkirim surat pada sahabatnya untuk mempelajari pemikiran baru dan menyampaikan keinginannya tentang dunia pendidikan di daerahnya. Terjemahan surat-surat Kartini kelak membuka bahwa dirinya punya berbagai gagasan untuk mengangkat derajat kaum perempuan bumiputera di dunia internasional lewat pendidikan.
Kartini pun menikah pada 8 November 1903 dengan Bupati Rembang. Kesehatannya melemah setelah melahirkan anaknya pada 13 September 1903. Pada 17 September 1903, Kartini wafat dalam usia 25 tahun.
Kendati tak melanjutkan pendidikan seperti harapan semula, sebelum wafat, Kartini mencoba berbagai langkah agar dirinya dan perempuan di sekitar bisa maju dengan pendidikan.
Selanjutnya perjuangan R.A. Kartini untuk pendidikan>>>
Mendirikan Sekolah Kartini
Kartini dan adiknya lalu memutuskan membuka sekolah untuk anak-anak gadis pada Juni 1903. Sekolah Kartini menekankan pembinaan budi pekerti dan karakter anak sehingga suasana sekolah diciptakan seperti suasana di rumah.
Sekolah berlokasi di pendopo kabupaten. Kegiatan belajar mengajar berlangsung empat hari seminggu, Senin-Kamis. Murid belajar 4,5 jam sehari, pukul 8 pagi-12.30 siang. Kartini banyak menghabiskan waktu memikirkan pengelolaan sekolah barunya karena minat masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya bertambah.
Di tengah masa tersebut, ia memutuskan menikah dengan Bupati Rembang Raden Adipati Djojo Adiningrat pada 8 November 1903. Kartini juga mengalihkan beasiswa studi ke Batavia yang ia dan Roekmini dapat tidak lama setelahnya ke orang lain.
Surat lamaran suaminya diterima Kartini dengan syarat sang Bupati Rembang menyetujui dan mendukung gagasan dan cita-cita Kartini. Kartini juga harus diizinkan membuka sekolah dan mengajar putri-putri bangsawan di Rembang.
Sekolah yang sudah dirintis Kartini terkendala setelah ia wafat. Keluarga Abendanon dan Nyonya Van Deventer kelak membangun beberapa sekolah nama Sekolah Kartini. Seiring waktu, sekolah Kartini berkembang ke kota-kota lain, dengan program pendidikan yang mendukung keterampilan siswa.
Asal Usul Nasi Jamblang Khas Cirebon
Kota Cirebon dikenal dengan keberagaman kuliner khasnya yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Salah satu hidangan yang patut dicoba adalah Sega Jamblang atau yang lebih dikenal sebagai nasi Jamblang. Kuliner ini dapat ditemukan di sepanjang jalan Pantura Cirebon, bahkan hingga di pusat Kota Cirebon, baik dalam bentuk restoran maupun tenda di pinggir jalan. Ciri khas dari kuliner tradisional ini terletak pada penggunaan daun jati untuk membungkus nasi, memberikan tekstur nasi yang lezat. Satu porsi nasi biasanya setara dengan satu kepal tangan, dan ukurannya yang kecil membuat pengalaman makan menjadi lebih unik. Untuk menikmatinya, biasanya setidaknya dua bungkus nasi diperlukan, sementara aneka lauk disajikan secara prasmanan.